Thursday, 4 February 2016

7 Tempat Air Terjun di Riau Wajib anda Ketahui

RIAU - Indonesia ber-iklim tropis dengan kontur permukaan tanah berbukit-bukit, lereng-lereng curam menjadikan negeri ini kaya akan potensi alam yang salah-satunya berupa air terjun (red : waterfall). Pulau Sumatra terdiri dari berbagai provinsi, berbagai kabupaten menyimpan sumber mata air (red : air minum) sangat melimpah ruah, hutan-hutan, flora dan fauna masih terjaga baik. Dari sumber-sumber mata air di perbukitan inilah cikal bakal adanya air terjun. Ada 7 Tempat Air Terjun di Riau Wajib anda Ketahui. Kok hanya sebatas di ketahui ? hehe jawabannya beberapa air terjun masih sulit untuk diakses, paling tidak sebagai warga riau harus tau bahwa provinsi ini memiliki tempat-tempat wisata menarik.

1. Air Terjun Batang Kapur (Kabupaten Kampar)

Lokasi : Desa Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu, Kab. Kampar
Air Terjun Batang Kapur (Sumber Foto : riauterkini.com)

2. Air Terjun Panisan (Kabupaten Kampar)

Lokasi : Desa Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu, Kab. Kampar
Air Terjun Panisan (Sumber Foto : instagram.com) 

3. Air Terjun Guruh Gemurai (Kabupaten Kuantan Singingi)
Lokasi : Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi
Air Terjun Guruh Gemurai (Sumber Foto: instagram.com)

4. Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban (Kabupaten Kuantan Singingi)
Lokasi : Desa Lubuk Ambacang, Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau.
Air Terjun Batang Koban pada tingkat 6 dg ketinggian 30 m (Sumber Foto: instagram.com)

5. Air Terjun Aek Martua (Kabupaten Rokan Hulu)
Lokasi : Desa Tangun, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Rokan Hulu, Propinsi Riau. 
Air Terjun Aek Martua (Sumber Foto : instagram.com)

6. Air Terjun Pangkalan Kapas (Kabupaten Kampar)
Lokasi : Desa Lubuk Bigau, Kobun Tinggi dan Pangkalan Kapas Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar Provinsi Riau. 
Air Terjun Pangkalan Kapas (Sumber Foto: instagram.com)

7. Air Terjun KM86 (Kabupaten Indragiri Hilir)
Lokasi : Taman Nasional Bukit Tigapuluh tepatnya di selatan Desa Batu Ampar, Kecamatan Kemuning, Kabupaten Indragiri Hilir, Propinsi Riau
Air Terjun KM86 (Sumber Foto: instagram.com)
Manfaat dari mengunjungi tempat-tempat wisata alam seperti air terjun adalah sebagai wadah menghilangkan stress dikarenakan pekerjaan yang padat sehingga bisa memberikan kekuatan/ power baru, menambah semangat/ spirit.

27 comments:

  1. wah Riau ya, keren thu air terjunnya semptin kesana deh kalau ke Sumatra , nice info nih gan

    http://info99.gq

    ReplyDelete
  2. Wah boleh juga nih dijadiin buat destinasi

    ReplyDelete
  3. sungguh kaya negeri ku indonesia, ini baru di riau belum lagi wilayah-wilayah lain di sumatra kalimantan sulawesi papua jawa. wow amazing indonesia. nice posting :D

    ReplyDelete
  4. bookmark! kalo aku ke riau bakal kesinixD

    ReplyDelete
  5. Itu kalau kesana ada biaya masuknya gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada sih untuk beberapa air terjun. misalnya air terjun guruh gemurai Untuk dapat masuk ke obyek wisata ini harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 2.000,- per orang untuk anak-anak dan Rp. 3.000,- per orang untuk dewasa. Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan, tarif parkir untuk kendaraan roda dua sebesar Rp. 2.000,- dan untuk kendaraan roda empat sebesar Rp 5.000,-.

      thanks

      Delete
  6. air terjun aek martua aye dh pernah ke sana gan :)

    ReplyDelete
  7. kok cuman ada 7 aer terjunnya, tapi itu aer terjun pangkalan kapas bikin aku terpukau panjang banget, jadi pengen ke tkp kk

    arigato

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya masih banyak air terjun yang ada di riau, tapi belum terjamah sepenuhnya. setau admin selain air terjun yang tertulis di thread adalah air terjun Batu Dinding, Air terjun Lubuk Inyu, Air Terjun Pulau Simo, dll

      Delete
  8. mantep emang riau ini patut coba

    ReplyDelete
  9. kayaknya pemandangannya bagus tuh gan. okelah kalo jalan" ke riau nanti bisa singgah

    ReplyDelete
  10. Aku kalau ada duit lebih pengen menjelajah keindahan alam indonesia

    ReplyDelete
  11. wah boleh tuh kalo lagi pergi ke riau

    ReplyDelete
  12. indonesia is a amazing place to visit. i loved it when i visited it last year. my blog :-http://www.apkhill.com/

    ReplyDelete
  13. mantap gan. sangat bermanfaat ilmunya :)

    ReplyDelete
  14. Wahh , bgus2 ya gan air terjunnya :)
    ane lebihh suka Air Terjun Aek Martua , smga ntar bisa brknjg ksna ??
    Tips Kesehatan

    ReplyDelete
  15. Jadi pingin kesana gan
    http://foto-indonesia-sexy-model.blogspot.com/

    ReplyDelete
  16. wah banyak juga tempat wisata di riau gan
    trimakasih infonya
    sayang gAk bisa ke sana

    ReplyDelete
  17. Insyaallah rabu besok saya ke provinsi Riau. Mungkin bisa meluangkan waktu untuk berkunjung kesalah satu air terjunnya

    ReplyDelete
  18. Makasih info gan.jd nya klo liburan gk kesumbar aja,riaupun mantap

    ReplyDelete
  19. Sekda Kampar : Industri Pariwisata Akan Terwujud Dengan Satu Peta

    dikutip dari media online nasional nusapos.com

    Sekda Kabupaten Kampar Yusri menyambut baik kegiatan PMaP#7 di Kabupaten Kampar. Apa yang dilakukan MCA-I dengan proyek PMaP#7 ini akan mempercepat penyelesaian sengketa lahan di Kabupaten Kampar. "Dalam enam bulan ini kami masih disibukkan dengan sengketa lahan. Dengan adanya kegiatan ini yang menghasilkan satu peta maka penyelesaian lahan akan cepat terlaksana, "


    http://nusapos.com/2017-11-08/sekda-kampar-industri-pariwisata-akan-terwujud-dengan-satu-peta

    ReplyDelete